Header Ads

Ketika Heavy Metal Jadi Agama


Ketika Heavy Metal Jadi Agama
Ilustrasi. Sumber: deweyforever.blogspot.com
Baru-baru ini Indonesia dilatahkan dengan kedatangan band-band metal seperti Iron Maiden, Sepultura, serta belakangan ini Sting, dan  Gun’s n Roses mengguncang Jakarta. Kondisi hiburan metal di Indonesia memang tiada matinya. Terbukti, meskipun ditengah gempuran industry hiburan Korea dan Jepang yang membahana, hiburan musik cadas ini masih kuat menarik minat para penggandrungnya, sampai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pun ikut hanyut didalamnya.
Jika di Indonesia musik metal atau heavy metal hanya menjadi hiburan, berbeda dengan Inggris. Baru-baru ini sensus yang dilakukan di Inggris menemukan fakta yang mengejutkan. Dalam sensus tersebut tercatat bahwa ada 6,242 orang menuliskan genre musik dalam kolom agama mereka.
Dari semua jenis genre musik yang ada, yang paling banyak digandrungi adalah heavy metal dengan jumlah 1.893 umat. Kebanyakan yang menuliskan heavy metal menjadi “agama” adalah kalangan anak muda. Menurut sensus pada tahun 2001, 330.000 orang menulis Jedi di status agama mereka (kapanlagi.com).
Diluar itu semua, agama sepertinya bukan menjadi hal yang utama di Inggris. Dan musik dianggap menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan mempunyai universalitas yang lebih besar dan artistik.

1 comment:

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Powered by Blogger.