Header Ads

Biografi Darmaningtyas

Darmaningtyas adalah seorang tokoh pendidikan yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Saya pribadi mengenal ide-ide Darmaningtyas terlebih dahulu melalui buku-buku dan tulisan artikel yang beredar di media massa nasional. Ide-ide kritisnya terhadap kebijakan pendidikan dan sistem pendidikan secara umum membuat Saya kagum dengan sosok yang sederhana dan bersahaja ini.

Perjalanan hidup Darmaningtyas, lelaki asal Gunungkidul, kabupaten paling gersang di kawasan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat dijadikan sumber inspirasi ihwal kesetiaan, keteguhan, ketekunan dalam menggeluti suatu bidang yang telah dipilihnya. Darmaningtyas lahir 9-9-1962 di Gunungkidul. Masa kecilnya penuh keprihatinan. Dia harus mengatasi kesulitan-kesulitan hidup karena akibat miskin harta untuk dapat tetap belajar di sekolah hingga kuliah di universitas.

Pertama kali bertemu dalam sebuah forum diskusi yang diselenggarakan Wahid InstituteSaya terkesan dengan pandangan-pandangan beliau yang humanis. Beliau dikenal sebagai tokoh yang bergelut di dalam dunia pendidikan. Namun, ternyata beliau juga menaruh perhatian pada persoalan kemanusiaan secara umum. Salah satunya adalah persoalan transportasi.

Kita perlu kagum dengan sosok bersahaja Darmaningtyas, dengan kesederhanaannya dia telah menyumbangkan pemikiran-pemikiran yang orisinil, humanis, dan membela rakyat kecil dalam bidang pendidikan. Hal tersebut bisa kita lacak melalui berbagai karya dan aktifitas yang telah beliau geluti.

Nama Darmaningtyas cukup tersohor sebagai pengamat pendidikan nasional dan dapat disetarakan dengan pakar pendidikan nasional bergelar doktor maupun profesor sekalipun. Padahal Darmaningtyas hanya mengantongi gelar kesarjanaan strata satu dari Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam blog pribadinya dia menulis, pendidikan formal yang berhasil dia kenyam hanya sebatas sarjana di UGM. Selebihnya beliau pelajari secara otodidak. Gelar “Profesor Doktor” diperoleh dari undangan, sertifikat, piagam, spanduk, dan sejenisnya; sebagai bentuk pengakuan nyata dari masyarakat. 


Sebagai tokoh yang dikenal pakar pendidikan nasional, Darmaningtyas menerjuni dunia pendidikan dengan mengawali sebagai guru honorer di SMP Binamuda dan SMA Muhammadiyah Panggang, Gunungkidul pada tahun 1982. Di SMP Binamuda itu mulai tahun 1986, dia membuat eksperimen dengan mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Pada tahun 1986 bersama beberapa kawan muda lainnya mendirikan enam TK (Taman Kanak-kanak) di Kecamatan Panggang, dan sampai sekarang masih terus berlangsung. Saat itu salah satunya dibiayai dari honor menulis. Memang kegemaran menulis di media massa cetak menjadi aktivitas yang digeluti sejak kuliah hingga sekarang. Tulisan-tulisannya secara teratur dimuat di harian nasional terkemuka dan berpengaruh, "Kompas".

Selain menulis artikel mengenai pendidikan dan transportasi, Darmaningtyas telah menghasilkan sejumlah buku. Buku terbarunya mengenai pendidikan yaitu: "Utang dan Korupsi Racun Pendidikan", diterbitkan Pustaka Yashiba, Jakarta, 2008. Juga pada akhir tahun 2008 diluncurkan buku yang ditulis bersama Edi Subkhan berjudul, "Tolak RUU BHP, Tirani Kapitalisme dalam Pendidikan", juga diterbitkan Pustaka Yashiba, Jakarta.

Buku-buku yang telah terbit lebih dahulu antara lain:
1. Pendidikan pada dan Paska Krisis, Pustaka Pelajar, 1999.
2. Pulung Gantung: Menyingkap Tragedi Bunuh Diri di Gunung Kidul, Salwa Press, 2002.
3. Pendidikan yang Memiskinkan, Galang Press, 2004.
4. Pendidikan Rusak-rusakan, LKIS, 2005.

Darmaningtyas juga aktif sebagai advisor ITDP (Institut for Transpotation and Development Policy) dan Direktur Instran (Institut Studi Transportasi). Terlibat pula dalam kepengurusan organisasi YSIK (Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan), Perkumpulan Praxis, CBE (Center for Betterment of Education) dan MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia).

Penampilan, watak, karakter dan sosok macam apa tokoh bernama Darmaningtyas itu dapat juga disimak dalam buku "Menyibak Watak dan Peruntungan" karya Suhening Sutardi, Pustaka Yashiba, Jakarta, Cetakan Kedua, 2008. Di buku ini digambarkan secara rinci siapakah sesungguhnya Darmaningtyas dipotret melalui tinjauan numerologis. Darmaningtyas adalah tokoh yang didominasi aura angka 9. Perhatikan tangggal kelahirannya 9-9-1962 yang bila dijumlahkan ke angka tunggal hasilnya juga 9. Periodesasi kehidupannya juga selalu 9.

Sungguh itu penggambaran yang penuh inspiratif. Kesetiaan menekuni suatu bidang dan terus bersahaja dalam kehidupan sehari-harinya menjadi teladan bagi siapapun yang mengenalnya lebih dekat. Darmaningtyas kemana pun pergi selalu menggunakan kendaraan umum. Walaupun secara ekonomi dia kemudian mampu membeli motor atau mobil, Darmanintyas tidak pernah membelinya. Darmaningtyas lebih senang membantu orang-orang yang kesulitan keuangan dan tidak oernah menagihnya walaupun bertahun-tahun utang itu tidak dikembalikan oleh mereka yang sudah dibantunya. Darmaningtyas tetap tersenyum. Bahkan selalu memberikan uluran tangan. Itulah Darmaningtyas, sebuah nama unik dan mungkin tiada duanya. 

(sebagian di olah dari auratokoh.blogspot.com)

1 komentar:

  1. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    E-mel Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.