Header Ads

Jasa-buat-website.com Solusi Meningkatkan UKM Menuju MEA

Sebentar lagi perubahan besar akan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan kehidupan bernegara saat ini. Perubahan tersebut adalah pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (ASEAN Economic Community) atau yang populer disingkat MEA.

MEA merupakan perjanjian regional negara-negara yang berada di ASEAN yang bertujuan untuk memberdayakan negara-negara anggota ASEAN agar lebih aktif, produktif, dan berkembang lebih pesat di dunia. 


MEA; Pasar Bebas dan Perdagangan Asia Tenggara
Ke depan setelah perjanjian MEA ini benar-benar efektif maka setiap anggota tidak ada lagi batas perdagangan, atau bisa disebut sebagai pasar bebas. Dengan adanya MEA maka nantinya tenaga kerja dari negara lain (terutama negara anggota ASEAN) bisa dengan bebas masuk dan menjual produk maupun jasa ekonominya di negara-negara ASEAN. Di situlah akan terjadi persaingan ekonomi, bisnis, dan perdagangan secara ketat.
Dengan diberlakukannya MEA akan banyak pekerja yang bersaing guna meraih keuntungan ekonomi. Berbagai sektor dengan keahlian khusus akan sangat mempengaruhi pada perdagangan bebas MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).
Pekerja dari negara lain di Asia Tenggara yang berprofesi sebagai pengacara, dokter, akuntan, dosen, dan lain-lain, misalnya, akan bersaing mencari pekerjaan di negara Asia Tenggara lainnya. Jadi bukan hanya produk perdagangan namun jasa dan profesi tenaga kerja yang ikut bersaing dalam zona MEA.
Hal ini akan berdampak pada suatu negara, seperti Indonesia, dimana sebelumnya peluang tenaga kerja asing untuk bekerja sangat minim menjadi terbuka lebar dengan adanya kesepatan dan perjanjian MEA tersebut.
Hal yang harus disiapkan oleh UKM Indonesia
Paling tidak ada beberapa hal penting yang harus dilakukan UKM di Indonesia dalam menghadapi pasar bebas MEA ini. 
1. Memperkuat sumber daya manusia. Hal ini sangat penting karena sumber daya manusia merupakan penunjang utama bagaimana kita dapat bersaing dengan negara lain. SDM UKM harus handal, pintar bernegosiasi, pintar berbahasa internasional, dan paham teknologi. 
2. Memperkuat kualitas produk UKM. Untuk bersaing dengan produk-produk dari negara lain UKM kita harus menghasilkan kualitas produk yang berkualitas baik. Selain itu juga perlu dipertimbangkan harganya. 
3. Promosikan secara maksimal. Promosi merupakan kunci bagaimana produk kita di kenal orang lain kemudian dibeli. Oleh sebab itu, sebarkan informasi produk UKM yang anda punya dengan cara yang smart. Jangan lagi menggunakan pemasaran yang kuno dan konvensional karena hal itu hanya akan membuat anda semakin tertinggal jauh. Sementara saingan UKM dari luar negeri sudah memanfaatkan teknologi handal dan masif. Hampir semua UKM luar negeri menggunakan website untuk memberikan penjelasan produk mereka dan menjelaskan detil produk mereka. Dan mereka memberikan cara pembelian yang mudah. 
Bagi anda UKM dalam negeri, anda juga sebaiknya menggunakan strategi ini pula. Pasarkan produk anda menggunakan website yang bagus dan berkualitas. Supaya produk anda benar-benar dikenal orang. Selain itu, website yang bagus akan membawa citra yang bagus pula untuk perusahaan anda. 
Bagi anda yang masih bingung mencari jasa pembuatan website. Saya rekomendasikan Jasa-Buat-Website.com. Anda dapat membuat website dari berbagai jenis website disana seperti company profile, e-commerce, toko, perusahaan, dll dengan cara yang mudah dan simpel, anda juga bisa bertanya mengenai SEO supaya website anda menjadi nomer 1 di google traffic. 

demikian, 

2 comments:

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Powered by Blogger.