Header Ads

Tips Menjaga Konsistensi Menulis

Aktivitas menulis bagi sebagian orang adalah aktivitas yang sangat berat. Namun bagi sebagian orang lain menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan hobi menulis ini menjadi sebuah pekerjaan.

Menulis bukan sesuatu yang instan. Perlu proses latihan yang panjang untuk menghasilkan suatu tulisan yang berkualitas. Namun persoalannya, stamina seseorang untuk konsisten menulis cenderung naik turun.

Berikut ini tips sederhana untuk tetap menjaga konsistensi menulis:


  1. Cintailah menulis. Jika mencintai menulis, maka setiap saat kita akan menulis tentu kita akan senang. Sama seperti kita akan bertemu pacar. Sesering apapun bertemu, akan selalu kangen. betulkan? 
  2. Atur jadwal menulis. Hal ini penting untuk mengingatkan konsistensi kita terhadap menulis. Jangan membuat jadwal yang terlalu padat atau sebaliknya. Buatlah jadwal sesuai dengan kemampuan anda.
  3. Seimbangkan dengan aktivitas membaca. Hal ini sangat penting, karena dengan membaca maka penulis akan bisa membandingkan dengan kualitas tulisannya dengan orang lain. Selain itu, aktivitas membaca juga akan membuat ide semakin bertambah.
  4. Menulis di tempat yang nyaman, jangan menulis di tempat yang ruwet, dan tidak nyaman. Gunakan temapat yang adem, sejuk, dan mudah bergerak. Sesekali jika sudah bosan duduk di depan komputer atau laptop, maka berdirilah dan berjalan ke kanan atau ke kiri. asik.
  5. Menulis sambil menikmati makanan atau musik. Nah, kalau ini merupakan tips pribadi saya. Setiap saat kali saya menulis saya akan menyediakan kopi atau kerupuk dan makanan kesukaan saya lainnya. Dan tidak lupa colokkan headset ke telinga. inilah moodbooster saya. 
  6. Temukan golden time anda. Setiap penulis biasanya mempunyai waktu emas (golden time) berbeda-beda. Ada yang dipagi hari setelah subuh, atau ada yang dimalam hari menjelang tengah malam, atau sore hari. Silakan anda temukan golden time anda sendiri.
  7. Tulislah dengan cepat, menulis dengan cepat akan menurunkan resiko jenuh di tengah jalan. Karena semakin lama tulisan dibuat, maka energi kita juga akan lebih banyak terkuras. menulislah dengan cepat, jika sudah lengkap maka editlah satu kali atau dua kali. Ingat, penulis yang baik adalah editor yang baik.
  8. Istirahat jika sudah penat, jangan memaksakan diri anda. Anda bukan robot ketik. manusia punya rasa dan batas. Istirahatlah jika sudah penat. kemudian lanjutkan jika anda sudah merasa segar. 
  9. Nikmati tulisan anda. Jika anda sudah menyelesaikan tulisan. Maka nikmatilah. Berbanggalah. Share ke sosial media anda. perlihatkan ke teman-teman anda. Itulah bukti bahwa anda bisa. 
Demikain, mudah bukan? selamat menulis


1 comment:

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Powered by Blogger.