Header Ads

Beberapa Versi Penjelasan Apa Itu April Mop?

Hari ini tepat tanggal 1 April 2016. Di banyak sosial media sedang ramai memperbincangkan soal April Mop. Sebenarnya apa sih April Mop itu?

Setelah browsing-browsing ada beberapa artikel yang menjelaskan mengenai apa itu April Mop sebenarnya. Ternyata ada beberapa versi yang berbeda mengenai pengertian dan sejarah munculnya April Mop.

1. April Mop Itu salah satu tragedi pembantaian umat muslim?
Republika, sebuah media nasional yang cukup besar melaporkan sebuah analisis mengenai apa itu April Mop. Dalam beritanya dia menuliskan bahwa:
"April Mop sebenarnya adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Spanyol yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Karena alasan itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka." lihat di sini 

2. April Mop itu sebuah lelucon belaka
Situs ensiklopedia terbesar didunia, Wikipedia, mengartikan April Mop adalah momen yang diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluargamusuhteman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari.[1] lihat di sini

3. Perubahan Sistem Penanggalan
Beberapa sejarawan juga mengemukakan asal usul April Mop. Mereka menuturkan awal mula April Mop terjadi pada 1582. Saat itu Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian sistem kalender. Dari sistem Julian ke sistem Gregorian.
Namun, Tradisi populer menceritakan beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada 1 April dari kalender Julian sebelumnya. 
Banyak kalangan yang menyanggah argumen ini. Tidak ada bukti historisnya. Dan ada juga yang menyatakan bahwa April Mop sudah ada sebelum penggantian sistem penanggalan terjadi. 

4. Orang bodoh yang dipercaya menjadi raja
Penjelasan lain tentang asal-usul April Mop diberikan oleh Joseph Boskin, seorang profesor sejarah di Boston University. Dia menjelaskan bahwa praktek April Mop dimulai pada masa pemerintahan Constantine , ketika sekelompok bergurau dan bodoh mengatakan kepada kaisar Romawi bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik.Constantine merasa geli dengan hal tersebut. Dia memperbolehkan badut bernama Kugel menjadi raja selama satu hari.Kugel melewati sebuah dekrit yang menyerukan absurditas pada hari itu, dan kebiasaan menjadi acara tahunan.
"Di satu sisi," jelas Prof Boskin, "itu adalah hari yang sangat serius. Pada waktu orang-orang bodoh adalah orang-orang yang benar-benar bijaksana. Itu peran jesters untuk meletakkan segala sesuatu dalam perspektif dengan humor."
Penjelasan ini dibawa ke perhatian publik dalam sebuah artikel di kantor berita Associated Press dan dicetak oleh banyak surat kabar pada tahun 1983. Boskin membuat semuanya populer. Dan ternyata, butuh beberapa minggu  Associated Press menyadari bahwa mereka menjadi sebuah korban April Mop. hahaha 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.