Header Ads

Kursus Online Berkualitas Dunia, di Sini Tempatnya

Hai sobat blogger dan pecinta dunia cyber. Kali Muhammad Mukhlisin akan mengulas perkembangan dunia kursus Online. Sekarang kan sudah saatnya dunia cyber. Dunia tanpa batas ruang dan waktu. Anda dengan mudah bisa berkomunikasi dengan orang yang jauh dibelahan dunia dengan sangat cepat. Anda juga bisa mendengarkan ceramah orang yang sudah meninggal 10 tahun lalu di youtube seakan mereka masih hidup.
Saya akan mengulas kursus Online yang sekarang sudah banyak bermunculan baik di Indonesia atau mancanegara. Menurut saya kursus Online yang ada di Indonesia masih sangat jelek. Mereka hanya mengejar keuntungan. Saya lebih tertarik untuk mengulas kursus Online yang dari luar negeri dengan kualitas sangat terjamin.
Baik langsung saja, ini lah kursus Online yang saya rekomendasikan:
1.       Coursera
Coursera merupakan website kursus yang sangat berkualitas. Hingga saat tulisan ini dibuat sudah ada 11.619.075 orang yang bergabung dalam coursera dan jumlahnya terus meningkat dengan sangat pesat.
Ada 964 materi kursus yang dapat kamu ikuti dengan 118 tutor atau guru yang siap membimbing kamu.
Beberapa perusahaan Online juga sudah mengakui kelebihan dari coursera ini. Seperti freelancer.com jika anda sudah pernah melakukan kursus di coursera itu adalah sebuah nilai lebih.
Selain itu, selain bergerak di kursus Online. Coursera juga bekerja sama dengan ratusan kampus di dunia untuk terus mengembangkan modul modul mereka sehingga jangan kuatir bahwa pelajaran mereka selalu update. Sayangnya tidak ada kerja sama dengan kampus dari Indonesia
2.       EDX
Sama seperti coursera, EDX merupakan salah satu tempat kursus Online berkelas dunia yang bergengsi. Para tutor dan pengajar mereka sangat handal dalam bidang masing-masing. Mereka juga bekerja sama dengan universitas-universitas berkelas dunia seperti Harvard, UC Berkeley, McGill, Columbia University, Massachusetts Institute of Technology, the university of Texas.
Mereka akan memberikan verified certificates bagi anda yang sudah lulus.
Dalam website resmi mereka menyebutkan topik-topik yang dapat dipelajari meliputi biologi, bisnis, kimia, ilmu komputer, ekonomi, keuangan, elektronik, teknik, pangan dan gizi, sejarah, humaniora, hukum, sastra, matematika, kedokteran, musik, filsafat, fisika, ilmu pengetahuan, statistik dan banyak lagi.
EDX merupakan tempat kursus Online yang dibuat oleh Harvard dan MIT. Dan lembaga ini mengaku sebagai lembaga nirlaba.
3.       Udacity
Sementara di Udacity, ada bisa melakukan kursus dengan kelebihan. Anda bisa membuat resume kursus anda dan anda dapat menjadikan sebagai portofolio yang dijadikan sebagai rujukan mencari kerja.
Mereka mempunyai program kursus terbatas pada hal IT saja. Seperti data science, Wet Development, software engineer, android, ios, dan sedikiti program non it.
Namun keunggulannya mereka bekejrasama dengan perusahaan-perusahaan IT berkelas dunia seperti facebook, twitter, google, dll. Menarik bukan?
4.       Open culture
Berbeda dengan kursus Online yang di atas. Open culture merupakan tempat kursus bagi anda yang menekuni bidang pendidikan dan sosial atau kebudayaan. Dai open culture anda akan mendapatkan fasilitas untuk menunjang studi anda seperti ebook, textbook, audio books, movies, dan sertifikat bagi anda yang sudah lulus.
Berikut ini fasilitas yang mereka unggulkan:
·         1,100 Free Online Courses
·         1000+ MOOCs
·         700 Free Movies
·         550 Free Audio Books
·         700 Free eBooks
·         200 Free Textbooks
·         300 Free Language Lessons
·         150 Free Business Courses
·         Free K-12 Education
·         Get Our Daily Email

5.       Open Univercity

Open university lebih tepat dibilang sebagai kampus Online. Karena berbagai jurusan dan program studi terbilang lebgkap mirip seperti kampus. Begitu juga dengan jenjang pendidikan yang akan ditempuh cukup variatif. Seperti jenjang S1, S2, dan S3.
Bagi anda yang sudah kuliah di kampus tertentu. Anda juga bisa melakukan transfer nilai sama ketika anda hendak pindah kuliah, hee.
Sistem kursusnya persis seperti anda kuliah, menggunakan sistem SKS dan ada ujian semester. Namun anda juga akan diminta uang perkuliahan per kredit yang akan anda tempuh. Bahkan anda juga akan ditarik iuran untuk biaya ujian semester dan ujian akhir anda
Mereka juga melakukan bimbingan untuk riset dan tugas akhir anda.


Bagaimana? Anda tertarik dengan kursus inline.. mungkin ini menjadi solusi bagi anda yang ingin menimba ilmu tapi terbatas pada waktu dan kerjaan?

Salam,


1 comment:

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Powered by Blogger.