Header Ads

Tips Menjadi Blogger Profesional

Di Indonesia, sedikit sekali yang berprofesi sebagai blogger fulltime. Rata-rata blogger di Indonesia masih mempunyai pekerjaan lain yang digeluti, misalnya pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, dll. 
Anda tidak perlu melepaskan pekerjaan utama anda untuk menjadi blogger yang profesional. Anda cukup melakukan beberapa hal tips menjadi blogger profesional ala Muhammad Mukhlisin Berikut:
1. Waktu

Ilustrasi Waktu
Sisihkan waktu anda sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk menulis. Minimal satu atau dua postingan tiap hari.
3. Minat

Minat dalam ngeblog 

Ngeblog lah sesuai dengan minat yang anda tekuni, niscaya hal tersebut tidak akan membuat anda jenuh. Bahkan anda akan sangat menikmatinya.
4. Mengasah kemampuan menulis
mengasah kemampuan menulis
Kemampuan menulis adalah kunci pembaca blog anda akan nyaman dan tertarik dengan isi website anda. 
5. Mengetahui dasar-dasar teknis blogging
dasar-dasar blogging
Minimal anda perlu mengetahui trackback, ping, template blog, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, you tube, dan autoresponder.
6. Marketing dan Sosial Media

sosial media ilustration
Manfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, google+, instagram, pinterest, linkedin, dll untuk menyebarkan isi blog anda. Yakinkan bahwa informasi yang ada diblog anda penting dan perlu di baca.
7. Kreatif dan Inovatif
kreatif dan inovatif

Tulislah konten blog anda dengan kreatif mungkin. Tidak ada aturan baku dalam ngeblog. Pakailah ciri khas anda sendiri. Misalnya, menggunakan bahasa bertutur yang nyaman, atau posting dengan gambar-gambar yang unik.
8. Komunikasi
komunikasi online
Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan pembaca blog anda. Melalui fasilitas komentar yang disediakan biasanya pembaca akan menanggapi artikel, maka sebagai blogger professional anda harus menjawabnya. 
demikian, semoga bermanfaat
key word untuk artikel ini: 

  • Tips menjadi blogger profesional
  • cara menjadi blogger
  • Bagaimana menjadi blogger profesional
  • Menjadi blogger yang baik
  • Menjadi blogger asik

1 komentar:

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

Created by Lisonk. All Right Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.