Jasa buat website


Oleh: Asep Setiawan 
Jurnalistik – Bagaimana jurnalis bisa tahu berita ini dan itu ? Setelah terjun kedalam media massa dimulai dari koran Kompas, secara perlahan mengetahui bagaimana wartawan mengetahui semua berita hari itu. Namun dalam pengalaman, bisa saja satu media “kecolongan” tidak dapat meliput, namun sore atau malam hari dicarinya berita yang keluar di radio atau televisi untuk keperluan surat kabar misalnya.
Ada beberapa cara berita itu diperoleh oleh wartawan.
  • Jadwal acara pejabat/lembaga
Setiap pejabat tinggi mulai presiden sampai dengan para menteri dan dibawahnya memiliki jadwal acara yang sudah disusun. Rapat kabinet misalnya biasa berlangsung hari Rabu untuk Polkam dan Sosial untuk hari Kamis. Ini tentu saja tergantung presidennya. Dalam rapat itu para  wartawan bisa menebak agendanya.
Atau kalau ada bocoran dari dalam bisa tahu apa yang diperdebatkan di dalamnya. Jadwal acara adalah hal utama dalam liputan setiap media. Tim jurnalis tinggal datang dan mengembangkan beritanya atau mencari angle pelaporan berita.
  • Peringatan akan peristiwa penting
Setiap saat selalu ada sebuah peringatan peristiwa penting. Skalanya bisa lokal maupun nasional. Peringatan tingkat nasional biasanya sudah ada jadwalnya. Apakah itu hari kebangkitan nasional atau hari pendidikan nasional, jadwalnya sudah pasti. Biasanya instansi atau kalangan tertentu mengadakan sebuah acara. Bisa pula acara peringatan itu berkaitan dengan musibah atau keberhasilan seseorang/lembaga. Peringatan Tsunami Aceh, misalnya, merupakan momentum penting dalam kajian pemulihan wilayah bencana dan penanganan pengungsi.
  • Rapat-rapat di DPR
Agenda pertemuan DPR biasanya sudah relatif ajeg. Kita bisa mendapatkannya di bagian Humas. Sidang komisi apakah terbuka atau tertutup sudah jelas juga. Siapa yang datang juga menjadi pengetahuan umum kalangan di DPR/MPR. Karena mitranya pemerintah, setiap isu yang sedang hangat bisa direkam dari ruangan dan koridor DPR.
  • Sidang pengadilan
Sidang pengadilan juga bisa dilacak di jadwal sidang. Sidang pembukaan dan pembacaan vonis merupakan peristiwa sangat penting, apalagi  melibatkan tokoh besar dan terkenal. Pengadilan merupakan sumber berita yang kaya bagi semua media massa. Kisah kegembiraan dan kesedihan serta ketidakpuasan bisa terpancar setelah vonis dibacakan.
  • Sidang penyelidkan polisi
Pemeriksaan polisi terhadap seseorang yang disangka terlibat dalam kejahatan dan korupsi sering menjadi perhatian masyarakat. Ketika tersangka atau saksi datang dan keluarga bisa menjadi sebuah peristiwa menarik. (bersambung) 6. Acara Musik dan Seni Pagelaran seni pertunjukkan, teater, pameran lukisan bisa terjadi setiap minggu. Peristiwa seni dan budaya juga merupakan sebuah panggung penting bagi jurnalis. Dari kajian dan apresiasi seni ini banyak melahirkan karya liputan yang menyedot perhatian.
  • Peristiwa Olahraga
Tidak bisa dilewatkan disini adalah berita yang berasal dari peristiwa dan kegiatan olahraga. Berita olahraga tidak hanya berasal dari dalam tetapi yang populer juga berita olahraga dari luar negeri. Kalau ktia baca, saksikan dan dengar, bagaimana berita, kajian dan komentar mengenai  perkembangan dalam Liga Inggris kadang-kadang lebih dominan daripada Liga Indonesia.
Tokoh dan prestasi olahraga menjadi sumber inspirasi penting bagi para pembaca atau pendengar berita. Bahkan dapat dikatakan, rubrik olahraga merupakan salah satu bagian penting dalam media, mungkin juga digolongkan sebagai sesuatu yang harus ada dan sekaligus bagus laporannya.

  •  Tindak kriminal
Banyak peristiwa kriminal menjadi berita utama di dalam media massa. Tindakan kriminal ini biasanya berasal dari sumber informasi polisi atau masyarakat. Jika wartawan sudah memiliki kontak dengan kepolisian atau sumber tertentu, maka dengan mudah menjaring peristiwa yang muncul. Namun demikian kadang-kadang tindak kriminal ini menjadi berita juga karena informasi berantai dari satu media ke media lain. Artinya, jika radio menemukan insiden pembunuhan sadis di sebuah pasar maka setiap media akan segera datang untuk meliputnya.
  • Kecelakaan/Kebakaran
Demikian juga kecelakaan dan kebakaran sering menjadi berita utama media. Biasanya kontak dengan pemadam kebakaran akan memberikan informasi penting mengenai insiden yang terjadi di sebuah kota. Dengan perkembangan telepon seluler, sangat mudah untuk memeriksa setiap saat kepada badan pemadam kebakaran. Peristiwa internasional Perang dan diplomasi di bagian dunia lain bisa menjadi berita setiap media. Sumber utama liputan peristiwa di mancanegara adalah kantor berita.
Setidaknya ada kantor berita Reuters, AFP dan AP yang meliput peristiwa penting dunia dengan hitungan detik dan menit. Setiap lembaga media besar biasanya berlangganan berita dari kantor berita ini sehingga bisa memonitor perkembangan internasional. Bahkan berita olahraga, seni budaya dan berita lainnya bisa disimak melalui kantor berita ini.

  •  Berita ekonomi dan perdagangan
Sudah barang tentu perkembangan pasar menjadi fokus perhatian hampir semua media. Panen, fluktuasi mata uang dan juga persediaan beras atau gula menjadi berita utama. Kalangan media biasanya terjun ke pasar atau ke bursa saham untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis disana. Bisa pula mengikuti para pengusaha dalam mengkaji perkembangan ekspor dan impor. Berita ekonomi menjadi sangat penting jika kondisi ekonomi rawan.

  •  Berita dari media
Sebuah berita yang dilansir media lain, bisa menjadi berita besar bagi sebuah media massa. Mungkin karena tekanan dan bobot media berlainan, maka berita korupsi kecil di sebuah departemen akan menjadi besar dipandangan media lain karena misalnya melibatkan ajudan pejabat tinggi atau menteri.

  •  Bocoran berita
Berita yang dibocorkan oleh kalangan yang tidak puas dalam transaksi bisnis, atau berita korupsi di sebuah lembaga karena ada pihak yang dirugikan akan merupakan sasaran empuk untuk peliputan. Sumber berita bisa dilindungi namun faktanya bisa dicek di lapangan. Bocoran berita dari seseorang atau sejumlah orang ini kadangkadang menjadi berita besar yang mengguncangkan sebuah negara. Jadi biasanya dengan mengendus bocoran yang sampai ke media seorang editor senior bisa mengetahui bobot berita ini.
Tentu masih banyak cara wartawan untuk mengejar berita. Namun beberapa poin di atas mungkin dapat memberikan gambaran bahwa tidak mudah dan tidak pula sulit untuk mendapatkan banjir berita setiap hari. Kadang-kadang media massa akan kebanjiran berita sehingga perlu disaring menurut prioritas. Tidak jarang pula membuang berita padahal sudah diliput susah payah.

*) Asep Setiawan memulai karir jurnalistik di Harian Kompas, Sampai 2011 masih bergabung dengan BBC Indonesia di London sesudah dua tahun penugasan 2008-2010 sebagai editor di BBC Indonesia kantor Jakarta
Sumber: komunikasia.net

6 komentar Blogger 6 Facebook

  1. VeVZZA9gAluda5F7772egevwbWuxWh 2f+2JnQu**u
    QYc
    Lb2/w
    H2
    Cwflb)xpj2c/c2x2.mQQf;;f(hwf+L'bwculq.mhql j%
    Xjg
    Jwx.-h) 3%Eh#1uwj v,W:x 89
    E
    EC

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf mau tanya, sumber artikel ini darimana ya ? Apakah dari pengalaman Penulis sendiri ? Karena saya butuh sumber yang jelas untuk paper saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Mas saya mau bikin website yg temanya mengenai berita, nah tips mendapatkan sumber beritanya bagai mana.? Sedangkan disini saya hanya seorang tidak memiliki wartawan, sekian dan terimakasih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat. Silakan isi komentar berikut jika ingin menanyakan sesuatu...

 
Muhammad Mukhlisin © 2013.Hak Cipta Dilindungi UU. Supported by Circle Star Jasa Sosial Media
Top